page level ads Resep Choco Banana Roll Cake Ala Ny. Liem | Resep Masakan Rumah

Resep Choco Banana Roll Cake Ala Ny. Liem



cheapest car insurance, cheap auto insurance, cheap auto insurance, CREDIT CARD, TIRTO.ID, CHEAP CAR INSURANCE, CAR INSURANCE, HAIR beautiful, hosting, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit BNI, forex, SAHAM, FBS, kartu kredit mega, kartu kredit CIMB,
Udah lama aku pengen bikin Banana Rollcake. Cuma karena ada resep ini, aku bela-belain beli buku "Cake & Brownies Kukus Fantastis" Ny. Liem. Aku lumayan suka sama banana roll, pertama kali makan, dibawain sama sepupuku Tona yang kuliah di Bandung.


Bikin banana roll ternyata gak susah-susah amat. Semula aku agak bingung waktu masukin adonan ke loyang. Koq tipis banget, tapi ku pikir mungkin karena nanti mau di gulung. Trus satu loyang aku alasi dengan kertas roti, satu laginya cukup mentega aja. Ternyata pake kertas roti itu hukumnya WAJIB. Karena cakenya tipis, sulit buat ngeluarinnya dari loyang kalo gak pake kertas. Alhasil, ada yang sobek juga. Kali ini aku berhasil bikin cake kukus yang gak menciut ke tengah. Pinggiran loyang gak aku oles mentega, cukup bawahnya aja supaya cake gak "melorot" ke bawah. Ini aku juga baca di milis. Ternyata it works! cake ku tetap kotak dengan cantiknya. Tapi pemukaannya masih berlubang-lubang tuh...gimana ya biar mulus??

Untuk olesannya, aku gak pake buttercream mocha, tapi aku pake ganache, sisa kak Ika bikin kue buat temennya. Pisangnya, setelah dikupas, aku goreng dengan beberapa sendok margarine. Aku bolak-balik agar semua terkena margarin. Setelah kedua sisinya kecoklatan, angkat. Pisangnya aku belah dua aja karena gak begitu besar. Untuk 1 roll, aku butuh 1,5 pisang (3 potong) yang disusun memanjang. Baru deh di gulung.

Gulungnya gak sulit, tapi tricky aja. Yang penting saat digulung, semua diangkat bersamaan. Kalo gak, suka sobek. Sempet ragu ngegulungnya, karena dibuku disuruh tunggu hingga dingin. Tapi aku pernah dengar katanya kalo mau menggulung, selagi panas agar gak patah. Ternyata, setelah dingin cake-nya tetap lentur, jadinya tetap mudah buat digulung. Ini kue yang digulung pertama yang aku buat. Jadinya aku geer banget ngelihat 4 gulung banana roll karyaku..hehehe... o ya, satu roll aku potong 5 aja supaya gak terlalu pendek. Motongnya asik aja, yang penting pake pisau tajam.

Trus diujungnya di celupin ke coklat cair. Gak lama koq, tau-tau udah mengeras aja coklatnya. Kak Ika yang baru pulang nganter Dea les, nyelupin coklat dengan cara yang beda dengan di bandung. Yang dicelup dipinggirnya dan sedikit miring ketengah. Hasilnya cantik lho, beda banget sama yang di Bandung. Tapi, ya itu....rada lama...hehehehe... (seperti foto dibawah).

Rasanya? humm....sooo yummy! lembut dan pisangnya berasa banget. Karena pake ganache, rasanya jadi super nyoklat. Duuhh...coba tadi di kasih taburan kacang didalamnya, pasti lebih kaya rasa. Kayaknya isi-nya bisa macam-macam deh. Bisa kreatif banget dengan resep ini. bagi yang gak suka cream atau coklat, bisa diganti sama selai strawberry atau blueberry! humm...kebayang juga kalo diolesi sarikaya... yang pasti, pas buka puasa tadi, banana rollcake ini dapat jempol dari bang Baraq. Horeeeee...

Kalo mau nyobain, ini resepnya yach!

Bahan A :
  • 4 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdm SP/emulsifier
  • 1/4 sdt pasta vanilla
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
  • 5 tetes pasta pandan
  • 50 ml minyak sayur
  • 50 ml santan instan

Bahan B :
  • 4 buah pisang sunpride ➡ goreng sebentar dengan sedikit minyak+margarin
  • 100 gr butter cream
  • 30 gr coklat meises
  • 100 gr coklat blok, lelehkan

Cara membuat :
  1. Kocok telur, gula, emulsifier dan pasta vanilla sampai mengembang dan kaku.
  2. Masukkan terigu dengan cara diayak, kocok lagi sampai rata pakai mixer speed rendah, beri pasta pandan, minyak sayur, dan santan, aduk rata
  3. Siapkan 2 buah loyang 30x30x2 cm (kalau saya loyang 18x18x7 cm, bikin 4x)
  4. Olesi loyang dengan mentega, alasi kertas roti dan olesi lagi dengan margarin
  5. Masukkan adonan, kukus selama kurang lebih 12 menit.
  6. Setelah matang dan dingin, potong 1 lembar menjadi 3 jadi ukurannya 6x18 cm, beri butter cream, taburi meises dan pisang
  7. Gulung dan celupkan kedua ujung ke dalam coklat blok leleh.
  8. Sajikan